Sabtu, 15 Januari 2011

JUDUL PROPOSAL SKRIPSI

JUDUL  PROPOSAL SKRIPSI
Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Program Study Sosiologi




RELASI PRODUKSI SEBAGAI AKAR PENINDASAN OLEH PEMILIK MODAL TERHADAP BURUH DALAM TERMINOLOGI MARXISME
(Sebuah Kajian Kritis Atas Akar Kelas Sosial Dalam Tinjauan Marxisme)

Issu Sentral;

“ Menelaah, menguji serta membandingkan secara kritis, tentang asumsi marxisme bahwa, hubungan-hubungan produksi dapat menciptakan alienasi manusia dari akar eksistensinya yang pada akhirnya menciptakan mekanisme eksploitasi serta hubungan penindas-tertindas antara pemilik modal dan buruh, sebagai dasar terbentuknya kelas sosial “.

Rumusan Masalah;

1.      Apa makna alienasi dalam term Marxisme?
2.     Bagaimana buruh teralienasi dari eksistensinya?
3.     Bagaimana hubungan penindas-tertindas antara pemilik modal dan buruh bisa terjadi?
4.     Sejauh mana klaim penindas-tertindas antara pemilik modal dan buruh dapat diterima sebagai sebuah klaim yang benar, jika buruh adalah pekerja yang menerima upah cukup setelah ia bekerja?






EMPAT  KASTA DALAM HINDU
(Kajian Atas Hubungan Dominasi-Subordinasi Oleh Kasta Tertinggi Terhadap Kasta Terendah Dalam Hindu Kaitannya Dengan Nilai Fungsi Dalam Teori Fungsionalisme Struktural)

Issu Sentral;

“ Kajian atas adanya hubungan yang bersifat dominasi-subordinasi oleh masing-masing Kasta yang berada pada hierarki lebih tinggi (hierarki Kasta: Brahmana-Ksatria-waisya-Sudra) terhadap Kasta yang berada pada hierarki yang lebih rendah, serta bagaimana reduksi makna fungsi pada teori Fungsionalisme Struktural kedalam kasta hindu “.

Rumusan Masalah;

1.     Apa yang dimaksud dengan Kasta dalam pemaknaan Hindu?
2.     Apa yang dimaksud dengan hubungan dominasi dan subordinasi oleh kasta tertinggi terhadap kasta terendah dalam system kasta hindu?
3.     Kenapa dan bagaimana seseorang bisa menyandang status sebagai bagian dari Kasta tertentu?
4.      Bagaimana relasi yang terbangun antara masing-masing individu dari setiap Kasta yang berbeda sehingga menciptakan hubungan yang bersifat dominasi dan subordinasi?
5.     bagaimana mekanisme perjenjangan dalam system kasta hindu tetap bisa bertahan, sejauh mana relevansinya dengan mekanisme fungsi dalam teori fungsionalisme Struktural?






REVOLUSI PERMANEN LEON TROTSKY
(Sebuah Implementasi Teori Pada Praxis Perubahan Sosial)

Issu Sentral;

“ bagaimana sebuah upaya revolusi berhasil dalam sebuah negara (Russia), serta bagaimana revolusi tersebut mampu memberi inspirasi revolusioner terhadap massa proletariat di negara-negara lain di luar Russia untuk segera melakukan gerakan revolusi, sebagaimana yang diidamkan oleh Leon Trotsky. Revolusi permanen melahirkan Uni Sovyet, maka revolusi permanen merupakan salah satu teori yang mampu membangun kesinambungan antara analisa teoritik dan praktek. Teori menjadi salah satu dasar perubahan sosial”.

Rumusan Masalah;

1.     Apa saja yang menjadi gagasan-gagasan kunci Trotsky dalam revolusi permanennya?
2.      Apa yang dimaksud dengan dua makna prinsip revolusi dalam Revolusi Permanen Leon Trotsky?
3.     Bagaimana dengan cita-cita revolusi permanen agar revolusi Bolshevik 1917 di Russia menjadi spirit revolusioner bagi kelanjutan revolusi proletariat di seluruh dunia?
4.    kenapa analisis Trotsky tepat pada sasaran? Apa yg menjadi dasar analisisnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar